pentingnya mengajarkan al-quran sejak dini

pentingnya mengajarkan al-quran sejak dini

Pentingnya mengajarkan al-quran sejak dini .

Ayah dan bunda apa yang dapat diajarkan kepada buah hati di rumah sebelum mempelajari ilmu yang lain ?

Tidak salah anak jago bahasa inggris ,cap,cis,cus atau apapun kelebihannya .namun ilmu al-quran adalah hal yang utama .

Apa manfaat nya membaca al-quran . sedikit menambahkan saja sebelum membahas ke paraghraf berikut nya:

1.menentramkan hati dan mendatang pahala juga .

2.al-quran merupakan petunjuk bagi umat manusia dan bentuk kasih sayang agar aman ,sukses ,dan bahagia dunia akhirat .

3.insyaallah dengan dawam baca al-quran dapat menyembuhkan penyakit .

Ayah dan bunda pastinya kita sudah mengetahaui bahwa Pengetahuan yang pertama kali harus didapat dalam rumah dalam mendidik buah hati adalah tentang bagaimana mereka dapat membaca al-quran .

sebagaimana sudah diketahui tidak hanya menenangkan hati dan pikiran saat al-quran itu dibaca namun kaitan nya terhadap dunia anak-anak bahwa al-quran dapat menumbuhkan kecerdasan otak bagi buah hati ,bahkan tidak hanya itu selain mencerdaskan al-quran pun menyehatkan bagi siapa yang mau membaca nya .

Kemudian apa saja tahapan nya untuk buah hati agar dapat membaca al-quran . rasanya tidak salah bila terlebih dahulu mengajarkan hal-hal dasar .seperti point-point berikut dibawah ini :

1.sebagai orang tua harus istiqomah membaca al-quran .

Ini menjadi suatu hal yang wajib .bukan tanpa alasan semata mata agar orang tua menjadi contoh pertama bagi anak dalam membangun semangat nya untuk mebaca al-quran .

2.sering mendengarkan lantunan pembacaan Al-quran .

Berbeda sedikit dengan point yang pertama selain anak mendengarkan bacaan al-quran orang tua maka dapat dibantu dengan mendengarkan kaset atau cd murottal .

3.mencarikan guru al-quran .

Kenapa harus cari guru di luar rumah ? mungkin point ketiga ini alternative saja bagi orang tua yang keseharian nya bekerja dan waktu nya sedikit untuk mengajarkan sang buah membaca al-quran seperti contoh selepas sholat magrib sampai isya .

Namun bagaimana bila sampai magrib pun masih dalam perjalanan dari tempat kerja menuju rumah . saya jangan khawatir . niat baik pasti ketemu beribu jalan nya . anak-anak kita bisa di titipkan kepada guru-guru ngaji terdekat . baik yang mengajinya di mushola ,masjid atau TPQ .

Dengan guru al-quran anak –anak dapat mengenal metode baca alquran yang sesuai  dengan usianya .karena biasa guru-guru ngaji yang menggunakan metode baca quran terlebih dahulu mengikuti pelatihan nya apabila layak maka di tugaskan untuk mengajarkan metode yang telah pelajari nya .

Perlu di ketahui pula apapun metode nya yang terpenting dapat menumbuhkan semangat dan kemauan murid untuk cinta terhadap al-quran . beberapa metodhe baca al-quran seperti : metode Baghdadi ,metode tilawati dsb.

Ayah dan bunda bisa menambahkan point apa saja yang harus dilakukan .yang terpenting menanamkan cinta kepada al-quran adalah tugas kita semua . karena kita yakin harapan orang tua terhadap anak ialah mampu baca al-quran sesuai dengan tahsin dan tajwid nya.

Satu hal sebelum menutup tulisan ini yaitu mengenai penting nya membangun motivasi orang tua saat menanamkan kepada anak untuk cinta al-quran .semoga jawaban ini dapat membantu .

Ayah dan bunda tidak ada salah nya melihat atau banyak mencari informasi mengenai anak-anak kecil yang sudah menjadi hafiz al quran . bagaimana mereka sebagia orang mengatur waktu nya ,method mengajar nya, cara memilihkan mushaf hingga bagaimana caranya tidak menghilangkan keceriaan masa kanak-kanaknya demi menghafal al-quran .

Ayah bunda bisa membaca mengenai kisah orang tua dari tabarok ,yazid dan zeena ketiga anak itu dapat menghafal al-quran dibawah usia 5 tahun . kisah nya tertulis rapi dalam buku “balita yang hafal al-quran “.

selamat membaca.

pentingnya mengajarkan quran sejak dini
pentingnya menjarkan al-quran sejak dini .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *