Mendidik Anak yg Baik utk Mencetak Anak Sholeh

Mendidik Anak yg Baik utk Mencetak Anak Sholeh

Mencetak Anak Sholeh dengan Pendidikan yang Baik

 

Mendidik anak yang baik
Cara mendidik anak yang baik secara islami

 

 

 

 

 

 

 

Pernikahan sejatinnya bukan hanya perpindahan dari status single menjadi berdua, namun pernikahan adalah bentuk sebuah ketaatan hamba kepada Rabb nya untuk merealisasikan sebagian daripada sunah Rasulnya agar setelah menikah semakin dekat dengan Allah SWT .

Beribadah kepada Nya berbeda dengan masa lajang, dari segi apapun bentuk ibadah yang dilakukan oleh  hamba yang telah menikah akan mendatangkan berbagai bentuk kebaikan salah satunya pahala yang berlipat ganda, terlebih seribu dari satu tujuan pernikahan ialah memiliki dan mencetak anak sholeh dengan pendidikan yang baik.

Sebagai bekal amal kita atau investasi akhirat kita kelak karena anak yang sholeh adalah lentara bagi orang tua disaat sudah tidak ada lagi di alam dunia dan juga kebanggaan Rasululullah yang kelak suatu hari akan di kumpulkan di yaumil kiamah lalu di perlombakan dengan umat umat Nabi yang lain mana yang lebih banyak pengikutnya dan mana yang lebih sholeh dan taat kepada Rabbnya juga kepada Rasul nya.

Satu harapan yang aku rasa semua pasangan ingin memilikinya yaitu memiliki keturunan yang sholeh sebagai mana yang telah dijelaskan pada paragraph pertama, walaupun sebagai orang tua belum memiliki kepribadian yang sholeh namun

Jangan berhenti untuk terus memperbaiki diri sembari mendidik buah hati agar dapat mencetak anak yang sholeh dan sholehah.

Suatu hari saat dikelas saya terinspirasi keceriaan para siswa siswi yang masih duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar islam terpadu  lalu hal demikan saya kaitkan dengan nasehat yang dahulu pernah saya dapatkan dari para orang tua baik itu bapak dan ibu saya juga guru-guru tentang pendidikan anak yang baik.

Saya setuju selain sebagai orang tua kita memiliki kewajiban akan tetapi jangan pernah melupakan hak anak-anak kita beberapa hak mereka diantaranya :

Empat Belas Permintaan buah hati yg merupakan haknya tapi tidak pernah mereka utarakan :

  1. Sayangi dan cintai  aku dengan sepenuh hatimu
  2. Jangan memarahi aku di depan orang ramai
  3. Jangan perbandingkan aku dengan adik atau kakak ku dan orang lain
  4. Abi umi selalu ingat ,aku adalah gambaran utuh diri-mu
  5. Setiaphari umurku terus bertambah olehkarenanya jangan selalu anggap aku anak kecil
  6. Biarkanaku mencoba sesuatu yg baik, dan beritahu aku bila aku salah
  7. Jangan ungkit ungkit  pembelajaran yg ku buat lewat kesalahanku
  8. Aku adalah ladang pahala bagi ayah dan bunda
  9. Janganlahbmarahi aku dgn mengatakan hal-hal buruk, karena apa yang keluar  dari mulut ayah bunda menjadi doa bagiku .
  10. Jangan melarangku hanya dengan kata TIDAK BOLEH tapi berilah penjelasan kenapa aku jangan melakukan sesuatu
  11. Tolong aku, ayah bunda ,jangan HANCURKAN mentalku dan pemikiran ku dengan  bentak bentak aku setiap hari .
  12. Jangan ikutkan aku dalam masalah mu yang tidak kaitan nya dengan ku kau marah sama yang lain, aku imbasnya .
  13. Akuingin kau sayangi cintai karena engkaulah yang di kehidupanku dan masa depan ku
  14. Berikanlah pendidikan agama, agar lepas tanggung jawabmu  kelak dan sebagai anak shaleh kita akan saling tarik menarik ke surga.

Dan ku coba tuliskan nasehat yang teramat sangat berharga bagi orang tua untuk buah hatinya dalam mendidik  nasehat yang ku ambil dari tuan guru :

✓ jangan sering dibuat menangis

✓anak kecil itu seperti wali (orang sholeh )

✓jangan sering dipuji dengan pujian yang berlebihan

Dan pada akhir ku menyimpulkan bagaimana kiat nya mencetak anak sholeh dan sholehah menurut pemikiran atau nasehat dari tuan guru sekumpul :

1.carilah pekerjaan yang halal (berkah )

2.arahkan anak anak ke sekolah agama carikan guru yang jelas (faseh ) karena anak anak kita tentunya akan mengikuti gurunya

3.jagalah makananya yang bener bener halal

4.kenalkan dan cintakan serta bawa anak-anak kita ke orang –orang sholeh atau alim

Tidak hanya satu dua hari kita berdoa agar memiliki putra putri yang sholeh namun sepanjang hari . anak anak kita adalah investasi akhirat kita . mendidik mereka adalah amanah dari sang maha kuasa .kehadiran nya sebagai penyemangat hidup dan pelipur lara di saat duka melanda .

 

 

memiliki keturunan yang sholeh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *