Mendidik Anak Sesuai Dengan Ajaran Islam

Mendidik Anak Sesuai Dengan Ajaran Islam

Mendidik Anak Sesuai Dengan Ajaran Islam

Mendidik anak bukanlah perkara mudah atau sulit, tapi perkara bagaimana kita bersungguh-sungguh berdedikasi mencurahkan segala perhatian kita pada buah hati. Segala sesuatu tergantung niat dan mindset kita, jika kita sudah berfikir diawal bakal susah mendidik anak agar menjadi pribadi yang berakhlak, berbudi pekerti, tumbuh dengan baik ya mau gimana juga proses nya kita akan merasa kesusahan dan hasilnya tidak akan terealisasi dengan apa yang kita harapkan. Tapi sebaliknya, jika kita berfikir mendidik anak itu sangat mudah dan menyenangkan ya hasilnya juga Insya Allah akan baik juga. Walaupun diakhir ada yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan tetapi kita sudah mencoba mendidiknya dengan baik, tidak akan kecewa dan merasa bersalah. Karena kita sudah mencoba yang terbaik, tinggal bagaimana kita memperbaiki lagi cara kita dalam mendik anak.
Ingat ya, hasil tidak akan menghianati usaha. Jadi teruslah berusaha melakukan yang terbaik untuk anak kita selagi kita masih memiliki fisik yang kuat. Jangan lelah untuk terus menanamkan nilai-nilai kebaikan dan ajaran yang rasul kita pernah sampaikan. Karena anak harus dibekali pondasi yang kuat, maka jangan hanya mendidik anak agar bagaimana ia bisa tumbuh menjadi manusia hebat tapi didik juga agar anak kita tumbuh menjadi manusia yang taat.

Lalu bagaimana sih cara yang baik dalam Mendidik Anak Sesuai Dengan Ajaran Islam Yang Sebenarnya? Sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW?

  1. Mengajarkan Tauhid
  2. Mengajarkan  Doa & memperkenalkan Al- Qur’an
  3.  Mengajarkan Al-qur’an dan Hadits
  4.  Menceritakan kisah-kisah dalam Al-Qur’an
  5. Kenalkan figur Nabi kepad aanak agar dapat meneladaninya
  6. Menanamkan akhlak mulia
  7. Mengajarkan dan meneladankan kejujuran
  8. Perkenalkan anak dengan tanggung jawab
  9. Latih anak menjadi mandiri
  10. Membangun kepercayaan diri pada anak
  11. Memotivasi anak
  12. Berbicara sesuai dengan kemampuan anak
  13. Senantiasa berlemah lembut
  14. Dekatkan diri pada anak

Sebetulnya masih banyak lagi point-pint yang harus bunda terapkan kepada si kecil agar tumbuh kembang menjadi pribadi yang hebat dan taat.
Didiklah anak sesuai dengan karakter nya masing-masing, dengan metode yang mudah dan yang penting konsisten terulang setiap harinya. Jangan sampai berhenti di tengah-tengah karena merasa capek dan tidak ada hasil nya.

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (QS.az-Zalzalah:7)

Artinya apa kutipan ayat diatas?
Artinya tidak ada seuatu yang sia-sia, karena segala sesuatu pasti ada balasan nya.

Jadi, tetap semangat mendidik putra-putri bunda, Jangan lelah 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *