mendidik anak di era zaman digital

mendidik anak di era zaman digital

ِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

tugas orang tua ialah mempersiapkan anak menghadapi zaman nya . kita sebagai orang tua ,apakah sudah mempersiapkan anak mengahdapi era digital saat ini ? dan era kedepannya ? sedikit kita ulas mengenai apa saja tantangan dan cara mendidik anak di era zaman digital seperti sekarang .

dibeberapa negara maju  seperti di jerman mengawasi penggunaan ponsel terhadap anak -anak dengan begitu ketat .sama hal nya seperti di negara finlandia penggunaan ponsel pada anak-anak diawasi dengan begitu ketat .di perancis bahkan sudah melarang anak-anak menggunakan ponsel diarea sekolah dan kini di negara ginseng atau korea yang sudah tidak asing lagi begitu dikenal memiliki perkembangan teknologi terpesat didunia pun kini sudah mengantisipasi pengaruh negatifnya terhadap anak-anak sebagai generasi penerus masa depan .terakhir di silicon valley orang-orang genius menjauhkan komputer dari keseharian anak-anak mereka.

mendidik anak di era zaman digital
“Ketika anak dibatasi dia pegang gadget, orangtua perlu beri alternatif lain. Tidak bisa kalau ibu atau ayahnya tidak di rumah. Contohnya ikuti les berenang, main basket, futsal, gitar atau apa yang disukai anak,” pungkas Elly

ayah bunda ,kita sudah mengetahui bahwa kini memang kemajuan teknologi semakin canggih dan begitu pesat dan tak dapat dipungkiri pula bahwa kehadidirannya dapa mempermudah hidup kita .salah satu diantaranya ialah saat mengasuh anak .melalui media teknologi dapat membangun media yang interaktif bagi anak oleh karena kehadirannya lebih diminati oleh anak .anak-anakpun lebih relatif mudah tenang dan lebih pintar dengan kehadiran teknologi saat ini .

akan tetapi kita tidak dapat mengelak bahwa dibalik kecanggihan dan kemajuan teknologi hari ini menyimpan bahaya besar dan mendatangkan ancaman serius bagi anak sebagai generasi penerus masa depan .hal demikian sudah menghawatirkan . beberapa akibat buruk nya menurut penelitian diantara lain .

a. anak -anak memiliki memori jangka panjang yang buruk .

b.tidak memilki emosi yang stabil .

c.bahkan tidak mampu berpikir .

bila kita perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan teknologi digital zaman sekarang tanpa kita sadari telah berdampak buruk terhadap pertumbuhan fisik dan mental anak -anak .

selayaknya sebagai orang tua memang kita tidak bisa menghalangi potensi manfaat yang ditawarkan kemajuan dan kecanggihan teknologi namun orang dapat membatasi pemakaiannya terhadap anak-anak .hal demikian agar anak-anak sebagai generasi digital saat ini dapat terlidngi dari ancaman akan akibat buruk yang akan berpengaruh kepada anak .

rasa nya menjadi orang tua yang cerdas di era zaman digital seperti sekarang ini bukan lagi suatu keharusan namun sudah harus ditingkatkan lagi menjadi sebuah kewajiban .wajib cerdas tanpa ada kesan paksaan dan tidak dijadikan sebagai beban .karena mau tidak mau orang tua wajib belajar sebelum anak kecanduan canggihnya teknologi .

dibawah ada beberapa tips yang disampaikan oleh ahli parenting negri ini yakni bunda Elly  Risman mengenai bagaimana cara mengasuh anak di era zaman namun saya coba hanya satu kiat atau satu tips terlebih dahulu  .insyaAllah dapat diaplikasikan dalam keseharian agar hubungan orang tua dan anak dapat terjaga .

1.mengajarkan agama

hal demikian sudah menjadi kewajiban bagi orang tua .anak-anak tidak hanya diajarkan bagaimana cara baca al-quran sekali lagi tidak hanya di  batasi itu saja ajarkan pula ibadah yang lain seperti berpuasa .dalam hal ini sebagai orang tua harus menanamkan ilmu agama sedini mungkin dan perlu pula menanamkan secara emosional agar anak menyukai aktivitas itu . tidak hanya bisa namun suka .karena saat anak sudah suka baik da orang tua atau tidak anak akan tetap baik .

“Jangan kosong dan lalu dimasukkan ke sekolah agama. Tidak ada dasarnya jika begitu. Bisa dan suka itu berbeda. Bisa hanya sekadar melakukan, tapi jika suka, ada atau tidak ada orangtua dia akan tetap baik,” tutur bunda elly risman .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *