Mendidik Anak Berpakaian Syar’i Sejak Dini

Mendidik Anak Berpakaian Syar’i Sejak Dini

Mendidik Anak Berpakaian Syar'i Sejak Dini
Mendidik Anak Berpakaian Syar’i Sejak Dini tips

Berpakaian sesuai dengan syari’at islam adalah suatu keharusan dan kewajiban bagi setiap muslim perempuan yang sudah memasuki usia akhil baligh. Akan tetapi pada kenyataan nya hanya sedikit yang menjalankan perintah allah ini. Padahal kalau ditanya apa hukum memakai jilbab/penutup mereka tau jawaban nya, akan tapi mereka seperti menutup telinga dan berpura-pura seolah tidak tau dan tidak mau tau. Padahal sudah jelas dalam quran dijalaskan :

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu, menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merderka) sehingga merea tidak diganggu. Dan Allah senantiasa maha pengampun lagi maha penyayang (QS. Al-Ahzab : 59)

Juga dalam ayat lain di surat al-qur’an :

“Katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita-wanita mukmin, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah menampakan perhiasan (pakaian atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka” (QS. An-Nur : 31)

Pun dalam surat Al-A’raf ayat 26 :

“Hai anak cucu adam, sungguh kami telah menurunkan untuk kamu pakaian yangg dapat menutupi aurat-auratmu dan untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang baik. Yang demikian itu adalah sebagaian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”

dan masih banyak lagi ayat-ayat yang allah turunkan ini mengenai perintah agar menutup aurat ini.

Untuk itu, disini kami akan mengingatkan bunda lagi penting nya mendidik anak dengan mengenalkan pakaian yang sesuai syariat islam kepada si kecil yang belum baligh. Supaya apa mereka dikenalkan sejak dini kepada pakaian seperti ini? agar ketika kelak besar nanti mereka sudah terbiasa.

Berikut tips-tips yang bunda boleh coba agar si kecil terbiasa berhijab syar’i.

  1. Berikan pemahaman kepada mereka apa hukum nya mamakai pakaian yang menutup aurat ini, kenapa harus mengenakan nya dan apa balasan nya dari Allah jika tidak mengenakan pakaian tertutup ini.
  2. Berikan pakaian syar’i kepada si kecil.
    Kenalkan anak pada pakaia syar’i ini dan biarkan memilih model/design yang sesuai dengan kesukaan/keinginan mereka. Atau sarankan dan pilihkan yang sekira nya bagus oleh bunda yang simple dan lucu.
    Dengan begitu anak-anak akan senang dan nyaman memakai nya tanpa ada paksaan dan hal ini akan menjadi kebiasaan sampai mereka tumbuh dewasa dan menua nanti.
  3. Berikan pujian kepada si kecil dengan bahasa yang baik agar si kecil merasa senang dan termotivasi untuk terus mengenakan pakaian tertutup ini. Misal dengan pujian;
    “kamu cantik nak memakai pakaian tertutup seperti ini, ayah bunda bangga sama kamu. Kamu mau menuruti apa yang di perintahkan Allah ini. Mudah-mudah an kamu di cintai Allah dan masuk surga yaa”
    “Duh anak ayah bunda ko jadi terlihat manis pakai pakaian seperti ini, tetap dipakai ya kemanapun kamu pergi”
    Dan pujian-pujian lain nya.
  4. Sesekali berikanlah reward atau hadiah atau apapun itu yang membuat si kecil senang. Misal dengan memberikan hadiah yang di inginkan/atau yang disukai anak.
  5. Kenalkan pada lingkungan yang baik yang sevisi, dengan anak-anak yang sama-sama mengenakan pakaian syar’i ini. Agar mereka tidak merasa sendiri dan senang mempunyai teman sebaya yang juga sama-sama belajar taat kepada Allah.

 

Mungkin itu beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk ayah bunda untuk bekal mendidik anak agar menjadi anak yang sholehah, yang mentaati perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *