Membentuk kesalehan pribadi anak dengan pelukan dan ciuman orang tua .

Membentuk kesalehan pribadi anak dengan pelukan dan ciuman orang tua .

Assalamualaikum ayah bunda

Banyak sekali ungkapan kasih sayang dilakukan berbagai macam cara orang tua terhadap anak-anak nya . beberapa diantaranya seperti disekolah kan di lembaga yang berkualitas ,memberikan hadiah     ,atau disetiap weekend mengajak nya jalan baik ke mall atau tempat tempat indah yang berhubungan dengan alam entah itu lautan,pegunungan  dan lain sebagainya .

Pada kesempatan ini yang akan dibahas ialah mengenai ungkapan kasih sayang orang tua terhadap anak .hal ini begitu penting dan sering kali terlupakan oleh ayah dan bunda yaitu kontak fisik atau sentuhan .

Pada beberapa literatu buku yang saya baca dan juga telah terbukti bahwa ungkapan kasih sayang orang tua terhadap anak yang disampaikan lewat sentuhan itu lebih efektif .

Sentuhan fisik berupa pelukan atau ciuman dapat memberi rasa nyaman ,tentram baik bagi orang tua ataupun bagi sang anak ..

Kebiasaan ini telah dicontohkan Oleh baginda Rasulullah SAW lalu di contohkan pula oleh Khalifah umar bin khatab lalu akhir akhir ini kita liat prilaku baik ini diikuti pula oleh presiden turki yaitu Erdogan  .

Contoh dari kejadian yang dialami presiden turki .itu pernah suatu hari panitia memanggil presiden untuk naik keatas panggung yang terdapat beberapa anak lalu sang presiden pun mencium tangan anak-anak tersebut dan juga mengusap kepala nya . .

contoh satu lagi datang dari khalifar umar bin khotob .ayah bunda ketegasan umar bin khatab sudah tak dapat di ragukan lagi . pernah pada suatu hari saat khalifah umar hendak mengangkat seorang laki-laki untuk di jadikan seorang pejabat .

sudah seperti biasa sebelum jabatan itu diemban sang khalifah pun mengundangnya untuk membicarakan beberapa hal yang penting dan serius mengenai pemerintahan ,ekonomi dan kekuasaan pada saat itu .

ditengah perbincangan kedua nya tiba-tiba muncul anak laki-laki berlari melewati khalifa umar bin khotob dan calaon pejabat tsb .apa yang terjadi ? sebuah kejadian yang mengagumkan yang terjadi bukan sang khalifa marah ,membentak atau melototinya tapi anak kecil itu didudukan dalam pangkuan sang khalifah dan mengusap-usap anak tersebut .

dari kejadian itu calon pejabatpun sontak kaget . kekhawatiranya tidak lah terjadi lalu ia pun menanyakan kepada khalifah umar bin khotob adakah riwayatkan yang menerangkan bahwa Rasululloh SAW mengungkapkan rasa sayang nya terhadap anak-anak dengan mengendong ,mencium dan memangkunya ? sang khalifa pun menjawab “ada “ bahkan khalifah umar menambahkan “bahkan saat Rasululloh SAW saat shalat sunat sembari menggendong cucunya “

Membentuk kesalehan pribadi anak dengan pelukan dan ciuman orang tua .
Membentuk kesalehan pribadi anak dengan pelukan dan ciuman orang tua .

ada yang perlu dicatat bahwa Rasululloh Mengajarkan kita selaku umat nya bagi sang ayah untuk rajin-rajin mengusap dan mencium anak pada 4 titik diantaranya :

1.ubun –ubun

  1. kening

3.kedua pipi

4.tangan

Sebelum menutup artikel ini saya pun mencantumkan beberapa alasan nya secara ilmiah mengenai efek dahsyat pelukan orang tua terhadap anak .diambil dari pemikiran seorang Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M, NLPm .semoga Allah Ta’ala memberikannya keberkahan ilmu dan usia yang dimilikinya .

Menurut nya bahwa pembentukan pribadi pada anak melalui pelukan dapat menciptakan pribadi yang memiliki rasa empati yang tinggi bahwan tidak hanya itu ia dapat memudahkan dalam mencari solusi kala terjadi konflik pada keluarga .perlu diketahui pula bahwa efek dahsyat pelukan ini itu sudah terbukti secara ilmiah.

Beberapa point manfaat nya yaitu :
1. Kekuatan pelukan itu lebih efektif daripada kata-kata pujian terhadap anak .
“Anak berubah drastis jadi lebih tenang hanya dalam hitungan menit. Itu kekuatan pelukan,” tutur penulis buku ‘The Miracle Of Hug’ ini.

2. Mengatasi konflik pada anak yang sulit belajar .
3. Dengan pelukan yang diberikan orang tua kepada anak maka kedekatan hati lebih terjalin dengan baik karena ada kekuatan getaran batin antara orangtua dan anak.

Hasil reseach oleh psikolog Edward R. Christopherson. Ph.D, pelukan lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang karena membuat anak merasa dicintai dan dihargai.

4. Menurut psikolog Kathleen Keating Pelukan sederhana itu dapat :

  1. Menormalkan tekanan darah
  2. Meminimalisir stress
  3. Dapat meningkatkan kecerdasan otak dan IQ anak .
  4. mempercepat perkembangan tubuh serta otak pada bayi .

Karena bayi itu Ketika dipeluk, dia akan merasa nyaman sehingga punya energi baru,” ucap Melly..

Ayah dan bunda semoga artikel ringan diatas dapat membantu dalam membentuk keshalehan putra –putri kita di rumah .

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *