Ilmu Parenting Anak Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilmu Parenting Anak Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

 

Ilmu Parenting Anak Dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilmu Parenting Anak Dalam Kehidupan Sehari-hari yang wajib ayah bunda tau

Mengajarkan anak akan penting nya moral adalah pembelajaran atau PR para ayah dan bunda sepanjang hayat. Mengapa demikian? Karena pendidikan moral ini tidak akan didapat ditempat manapun kecuali dimulai dari lingkungan tempat ia dibesarkan nya, dengan siapa dia dibesarkan dan apa yang diajarkan dilingkungan itu. Karena lingkungan itu mampu membentuk karakter anak tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak baik, mampu menjunjung tinggi norma-norma nilai tatakrama, sopan santun, bersosialisasi dengan baik.
Bukan perkara mudah memang mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik yang memiliki kesadaran dalam dirinya agar tetap menjunjung norma-norma kehidupan yang baik.

Semua pembelajaran harus dimulai dari kehidupan sehari-hari dahulu, dimulai dari hal terkecil dan simple. Mengajarkan anak sopan santun harus dilakukan sejak dini, terus diulang dan konsisten. Orangtua juga harus memberi contoh agar mereka memiliki perilaku sesuai yang kita harapkan. Yang sulit memang bukan bagaimana anak bisa melakukan apa yang kita suruh tapi melainkan sulitnya kita memberikan contoh kepada anak agar anak mampu berperilaku baik sesuai yang kita harapkan. Untuk itu cobalah berikan contoh yang kongkrit kepada anak bagaimana seharusnya kita bersikap yang baik.

Untuk itu, kami disini akan memberikan beberapa tips Ilmu Parenting Anak Dalam Kehidupan Sehari-hari agar anak mampu tumbuh kembang menjadi pribadi yang baik dan mampu menjunjung tinggi nlilai itu kelak sampai ia dewasa nanti. Berikut tips nya :

1. AJARKAN KATA-KATA SAKTI INI;

  • TOLONG : Ketika ingin meminta bantuan kepada orang lain.
  • MAAF : Jika melakukan kesalahan.
  • TERIMAKASIH : Ketika ada yang memberikan sesuatu atau pertolongan.
  • PERMISI : Ketika masuk/melewati kerumunan orang
  • IZIN : Jika hendak mau melakukan sesuatu atau meminta pendapat

2. BERSIKAP SOPAN SANTUN DALAM PERILAKU DAN BERBICARA

Berikan pemahaman yang baik kepada anak penting nya berperilaku sopan dan santun dalam berbicara. Berikan contoh langsung ketika kita berbicara dan bersikap kepada tamu atau siapa saja lawan bicara kita. Dan ajarkan juga anak untuk tidak memotong pembicaraan orang ketika sedang berbicara.

3. JANGAN BERSIKAP KASAR
Lagi-lagi berikan pemahaman dan contoh kepada anak agar tidak bersikap kasar terhadap orang lain, agar tidak merugikan orang lain dan anak kita juga tidak dapat predikat anak ‘GALAK,NAKAL dan predikat buruk lain nya yang akan mempengaruhi alam bawah sadar nya. Bimbing anak kita agar bisa mengontrol emosi ketika ada hal yang tidak ia sukai dan berada dalam situasi yang tidak mengenakan.
Terapkan sifat lemah lembut pada diri anak agar terhindar dari sikap kasar.

4. BERSIKAP TANGGUNG JAWAB

Ajarkan anak agar memiliki sikap tanggung jawab sedari dini. Agar kelak ketika tumbuh dewasa nanti ia akan selalulu bersikap menerima dan menanggung sendiri atas apa yang telah ia perbuat.
Contoh kecil menerapkan sikap tanggung jawab pada anak ini misal dengan cara memintanya membereskan mainan pada tempat nya lagi, meletakan kembali alat makan pada tempat nya, membuang sampah pada tempatnya dan hal-hal kecil lain nya.

5. MENERAPKAN SIFAT KASIH SAYANG TERHADAP SESAMA

Berikan pemahaman agar kita senantiasa harus saling sayang menyayangi, contoh kecil pembuktian kasih sayang ini dengan memberikan pelukan kepada orang tersebut. Tapi, harus digarisbawahi ya tidak semua orang bisa dipeluk apalagi orang yang tidak begitu dikenal. Contoh kecil kasih sayang dengan memeluk adik nya, kakak nya, orang tua nya, nenek kakek nya, saudaranya dan orang terdekat nya.

6. MENERAPKAN SIFAT JUJUR DALAM BERPERILAKU

Selalu katakan padanya apapun masalah nya bicaralah, bicara terbuka,  jujur apa adanya. Jangan sesekali berbohong, karena berbohong sekali bisa menjadi pembiasaan buruk sampai kelak nanti ia dewasa.

7. MENGAJARKAN DOA SEHARI-HARI

Biasakan anak diajarkan berdoa ketika mau melakukan sesuatu, misal doa sebelum makan & setelah makan, mau tidur & bangun tidur, doa masuk WC, doa keluar rumah dan doa-doa lain nya.

8. AJARKAN ANAK UNTUK BERIBADAH TANPA PAKSAAN

Contohkan anak dengan nilai-nilai religius, ajak anak untuk mengenal tuhan nya. Contoh nya ajarkan anak untuk Shalat, Membaca Al-qur’an.
Jangan dipaksa, pakailah metode yang sesuai dengan karekter si anak. Ingat sekali lagi bukan hanya menyuruh tapi ajak bersama-sama untuk mengerjakan ibadah.

 

Mungkin itu beberapa tips yang bisa kamii share kepada ayah bunda, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *