Mendidik Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang agar  Sholeh dgn Membiasakannya Gemar Sedekah

Mendidik Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang agar Sholeh dgn Membiasakannya Gemar Sedekah

Bagaimana Cara Mendidik Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang  dengan mengajarinya bersedekah, agar tumbuh sholehah?

 

Mendidik Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang  dengan mengajarinya bersedekah
Mendidik Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang  dengan mengajarinya bersedekah

 

Saya ingin mulai dengan penjelasan seorang kyai muda yang entah saya tak ingat namanya. Ceramah yang disampaikan mengenai keunggulan anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa, ada tiga hal yang saya catat dan garisbawahi  diantaranya :

  1. Anak –anak itu bila memiliki rizki mudah sekali untuk berbagi dengan teman teman nya
  2. Bila terjadi permusuhan atau saling marah sesamanya. cepat sekali akur nya selang beberapa menit usai saling marahan mereka bermain kembali seperti biasa
  3.  Point  yang terakhir ini menjelaskan bahwa jiwa anak-anak selalu legowo atau lapang dada,tidak ada uneg-uneg dalam hati nya fikirannya,hatinya dan prilakunya bebas tanpa beban karena semua bermula dari hati nya yang senantiasa lapang  tak salah bilah ada lagu sewaktu kita masih kecil dahulu seperti ini :

Disini senang disana senang di mana –mana hati ku senang

Syalala…lalala…lalala…lala….lala…lala…lala.

Memang cocok hati yang selalu riang adalah jiwa mereka, jiwa anak-anak  lucu, polos dan selalu mengundang keceriaan tersendiri.

Hal ini sangat terasa, khusus nya bagi saya yang memang setiap hari dikelilingi oleh anak-anak kecil karena rumah saya berdekatan sekali dengan taman pendidikan al-quran (TPQ)dan Madrasah Ibtidaiyah atau setingkat dengan sekolah dasar (SD).

Dari sisni maka akan sangat baik rasanya bila kita Mendidik Anak dengan Cinta dan Kasih Sayang sesuai dengan karakter mereka yang riang, cara seperti ini akan mudah mereka terima.

Selain itu keunggulan anak-anak yaitu mudah berbagi seperti yang sudah saya tulis,  karakter ini harus terus di pelihara dan di pertahankan.

Satu hal menurut hemat saya, perubahan yang harus dilakukan oleh orang tua mengenai cara mendidik anak membiasakan sedekah agar timbul rasa sayang sesama umat beragama ialah cara membagikan nya harus kepada siapa atau kemana ?

Mari kita coba arahkan agar biasa berbagi terhadap anak-anak yatim, saudara –saudara yang tidak mampu atau setiap hari jumat biasakan sedekah di keropak masjid dengan demikian hati nya akan terus terpelihara menjadi orang yang sholeh atau sholehah yang memiliki karakteristik ahli sedekah.

Karena secara tidak langsung saat mengajarkan mereka berderma kepada sesama saudaranya yang kurang mampu akan menunmbuhkan syukur.

Dan bilakelak suatu hari anak anak kita beranjak remaja dan tetap menjadi budi pekerti mulia ini insyaaAllah akan di liputi banyak keberkahan karena bukan kah hamba yang pandai bersyukur akan di tambahkan nikmat –Nya.

Sebagai mana yang termaktub dalam surat Ibrahim ayat ke tujuh. semoga saja kita dan keturunan yang dimiliki menjadi hamba hamba Allah yang gemar bersedekah .

Sedekah itu menyenangkan dan efeknya insyaAllah pasti menenangkan.  Tidak salah rasa nya bila kesenangan itu datang setelah bersedekah karena harta yang telah di sisihkan untuk bersedekah hakikat nya tidak berkurang bahkan Allah Taala lipat gandakan.

Satu kebaikan di balas sepuluh bahkan bila Allah berkehendak kelipatan nya lebih dari itu, Maha Benar Allah Ta’ala atas segala janjinya.

Selain menyenangkan sedekah pun akan menenangkan hati  si pelaku sedekah tersebut, sebagai mana dalam keterangan alim ulama telah di jelaskan bahwa  harta yang di sedekah kan :

1. Awalnya tidak berkah menjadi berkah

2. Dari harta yang sedikit menjadi banyak

3. Harta yang menjadikan orang pelit kelak harta itu akan di mintai pertanggung jawaban nya namun bila di sedekahkan kepada yang membutuhkan maka  awal nya Nampak menjadi musuh setelah akan menjadi kekasih .

4. Saat harta tanpa sedekah akan berakhir dengan sia-sia maka setelah di sedekahkan akan menjadi investasi di akhirat kelak .

Uraian penjelasan diatas hanya sedikit memotivasi pembaca sebagai orang tua akan fadhilah atau keutamaan sedekah agar bisa mulai mendidik anaknya dengan kasih sayang dan membiasakan sedekah.

Taklupa pula sebagai bekal untuk mendidik buah hati agar dapat melaksanakan sunah Nabi yang sangat di anjurkan ini yaitu menjadi hamba yang mulia dengan cara gemar bersedekah.

Kemudian pastikan orang tua terlebih dahulu yang memberikan contoh insyaallah kebaikannya pun akan di tiru oleh sang anak.

Semoga kita senantiasa mampu mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang dan mulai menanamkan habit sedekah bagi anak kita…

 

Aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *